Semuanya Bid’ah?

Bismillah.

PESAWAT TERBANG, FACEBOOK, MOBIL. ITU BID’AH???

Mereka yang mengatakan “kalo yasinan, tahlilan bid’ah maka pesawat terbang, facebook, mobil pun adalah bid’ah!!!” adalah orang orang yg sedang bingung, bagaimana tidak karena mereka mencampur adukkan dua hal yg berbeda bahkan berlawanan yaitu perihal ibadah dan perihal dunia.

Hukum asal ibadah adalah haram sampai ada dalil perintahnya, sedang kan hukum asal dunia adalah halal sampai ada dalil larangannya, berbeda kan? Tentu bahkan berlawanan

Oke sekarang saya kasih contoh.

1.perihal ibadah

Shalat subuh baik? Tentu baik karena itu ibadah!, kita sangat mencintai allah , karena kita sangat mencintai allah shalat subuh yg tadinya 2 rokaat kita tambah jadi 3 rokaat, boleh nggak? Yaa tentu tidak boleh!!! Kenapa tidak boleh padahal niat kita baik kan karena kita cinta pada allah?
Jelas tidak boleh karena tidak sesuai dengan apa yang allah perintah dan rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam contohkan.
Lihat Qs. Al kahfi ayat 110 disitu dijelaskan tentang syarat diterimanya ibadah ada 2 yaitu ; ikhlas karena allah ta’ala dan ittiba’ rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam (tafsir ibnu katsir)

2. Perihal dunia

Coba kalian cari dalil bolehnya makan tempe ada nggak?
Yaudah kalo susah ganti deh cari dalil bolehnya main facebook, naik mobil, makan gorengan . coba cari Sampai kapan pun kalian nggak bakal nemu karena hukum asal dunia adalah boleh atau halal namun ketika melanggar yang islam tetapkan perihal dunia pun menjadi terlarang atau haram contohnya makan gorengan 5 tapi bayarnya cuman 2 maka sama saja kita memakan makanan yg terlarang (haram) karena dari hasil mencuri.

Lagi pula dimata seorang mukmin dunia lebih hina dari bangkai seekor anak kambing yang cacat (lihat HR. Muslim no.2957)

Dan untuk para pelaku bid’ah tidak kah engkau ingat dengan hadist berikut ” kullu bid’atun dholalah, wa Kullu dholalatin finnaar” ( HR. An nasa’i no. 1578, di shahihkan oleh al Albani dalam shahih wa dho’if sunan an nasai)

Dan tau kah engkau apa dampaknya untukmu di akhirat kelak??
Perhatikan hadist berikut :
” aku akan mendahului kalian di al haudh ( telaga ) di nampak kan di hadapan ku beberapa orang di antara kalian ketika aku akan mengambilkan (minum) untuk mereka dari al haudh mereka di jauh kan dari ku, aku lantas berkata wahai rabb ku, ini adalah umatku lalu allah berfirman ‘engkau sebenarnya tidak mengetahui bid’ah yg mereka buat sesudahmu’ ” (HR. Bukhari no.7049)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *