Setanpun Tertawa

JANGAN BUAT SETAN TERTAWA
••••
1. Disunnahkan menahan uapan kantuk, karena itu berasal dari syaitan. Berdasarkan sabda Nabi ﷺ ,
.
“Menguap itu dari setan, maka jika salah seorang diantara kalian menguap, hendaklah ia menahannya semampunya, karena sesungguhnya salah seorang diantara kalian apabila mengatakan ‘Haaaaah’ maka setan pun mneertawakannya.”
(HR. Al-Bukhari)
.
2. Menguap itu biasanya datang bersama dengan beratnya badan, tambun, rasa santai, dan cenderung malas. Maka diantara perkara yang dapat membantu melawan rasa kantuk adalah mengurangi porsi makan dan minum.
.
3. Apabila seseorang tidak dapat menahannya, maka hendaklah dia menahannya dengan kainnya atau tangannya. Berdasarkan sabda Nabi ﷺ ,
.
“Apabila salah seorang di antara kalian menguap dalam shalat, maka hendaklah dia meletakkan tangannya pada mulutnya, karena sesungguhnya setan itu bisa masuk bersama uapan kantuknya.”
(HR. Muslim no. 2995)
.
4. Orang yang tengah membaca Al-Qur’an hendaklah berhenti sejenak ketika menguap.
.
5. Al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah berkata, yang beliau nukil dari sebagian ulama, “Diantara kekhususan Nabi adalah beliau tidak pernah menguap sama sekali, karena menguap itu berasal dari setan.”
.
6. Banyak orang membuat kekeliruan saat menguap, seperti mengucap أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ padahal ini tidak disyariatkan oleh Nabi ﷺ .
.
7. Menahan suaranya. Nabi ﷺ bersabda,
.
“Apabila salah seorang dari kalian menguap, maka hendaklah ia menahannya, dan janganlah ia menhucapkan ‘Haaaaah’, karena sesungguhnya setan akan menertawakannya.”
(HR. At-Tirmidzi no. 2727 ; Shahih)
.
8. Setan dapat masuk ke dalam rongga seseorang. Nabi ﷺ bersabda,
.
“Apabila salah seorang diantara kalian menguap, hendaklah ia menahannya semampu ia, karena sesungguhnya setan itu dapat masuk ke dalam mulutnya.”
(HR. Ahmad ; Shahih Al-Jami’)
.
.
📚 Muntaqa al-Adab asy-Syar’iyyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *