Sadarlah Saudara ku

” Jangan Ada Pertumpahan Darah Diantara Kita ”

๐Ÿ–ŠUstadz Abu Ubaidah As Sidawi

Di bulan puasa ini kita diajarkan untuk ngegas dan ngerem. Ngegas dalam amal kebaikan dan Ngerem dari keharaman yang diantaranya adalah dari pertumpahan darah.

Imam Syathibi berkata dalam Al Muwafaqot 1/31: “Seluruh umat, bahkan semua agama bersepakat bahwa syari’at itu diletakkan guna menjaga lima kebutuhan pokok, yaitu agama, nyawa, kehormatan, harta dan nasab”.

Nabi bersabda:

ููŽุฅูู†ู‘ูŽ ุฏูู…ูŽุงุกูŽูƒูู…ู’ ูˆูŽุฃูŽู…ู’ูˆูŽุงู„ูŽูƒูู…ู’ ูˆูŽุฃูŽุนู’ุฑูŽุงุถูŽูƒูู…ู’ ุญูŽุฑูŽุงู…ูŒ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูƒูŽุญูุฑู’ู…ูŽุฉู ูŠูŽูˆู’ู…ููƒูู…ู’ ู‡ูŽุฐูŽุงุŒ ูููŠ ุดูŽู‡ู’ุฑููƒูู…ู’ ู‡ูŽุฐูŽุงุŒ ูููŠ ุจูŽู„ูŽุฏููƒูู…ู’ ู‡ูŽุฐูŽุง

“Sesungguhnya darah-darah kalian, harta-harta kalian haram atas kalian seperti haramnya hari ini, di bulan ini, di negeri ini”. (HR. Muslim 3009)

Oleh karenanya, pembunuhan dalam Islam merupakan dosa besar bahkan paling besar setelah dosa syirik. Ingatlah sabda Nabi Muhammad :

ู„ูŽุฒูŽูˆูŽุงู„ู ุงู„ุฏู‘ูู†ู’ูŠูŽุง ูˆูŽู…ูŽุง ูููŠู’ู‡ูŽุง ุฃูŽู‡ู’ูˆูŽู†ู ุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ู„ู‡ู ู…ูู†ู’ ู‚ูŽุชู’ู„ู ุงู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู…ู ุจูุบูŽูŠู’ุฑู ุญูŽู‚ู‘ู

“Hilangnya dunia beserta isinya sungguh lebih ringan di sisi Allah daripada terbunuhnya seorang muslim dengan tidak benar”. (HR. Ibnu Majah (2668), Tirmidzi (1395), Nasai (3998) dengan sanad shohih).

Nabi pernah mengabarkan bahwa orang yg dibunuh nanti di hari kiamat akan membawa kepalanya dan kepala pembunuh sembari urat lehernya bersimbah darah, mengadu kepada pemilik arsy: ini adalah pembunuhku. Lalu Allah mengatakan kepada pembunuh: celaka dirimu dan menyeretnya ke neraka. (HR. Ath Thobroni dalam Al Kabir dan dishahihkan al Albani dalam As Shahihah: 2697)

Sahabat Utsman bin Affan tatkala dikepung oleh para pemberontak, Abu Hurairah mengatakan kepadanya: Apakah kita lawan mereka? . Beliau menjawab: “Sesungguhnya jika kamu membunuh satu nyawa mereka berarti kamu membunuh semua nyawa manusia”. (Diriwayatkan Said bin Manshur dan dishahihkan oleh Syeikh Shalih Al ‘Ushoimi dalam Al Ghurar Min Mauqufil Atsar)

Maka hendaknya semuanya untuk mengerem diri dari pertumpahan darah baik penguasa maupun rakyat, apalagi sekarang kita di bulan puasa.

Ya Allah, jagalah negeri kami dari kerusakan dan pertumpahan darah.
Ya Allah, jagalah nyawa dan darah kaum muslimin di negeri ini.
Ya Allah, bimbinglah para pemimpin kami kepada apa yang Engkau cintai dan ridhoi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *