Berilmu kemudian Berdakwah

🔶 *DAKWAH HANYA BOLEH DILAKUKAN OLEH ORANG-ORANG YANG BERILMU* 🔶

Soal 1⃣5⃣ : Sebagian orang menyangka bahwa dakwah di jalan Allah hanya boleh dilakukan oleh ulama secara muthlaq, dan bahwasanya tidak ada keharusan bagi selainnya untuk berdakwah. Apa arahan Fadhílatusy Syaikh terkait hal ini ❓

Syaikh Shaleh Al-Fauzan _hafizhahulláh_ menjawab :
*Ini bukan sangkaan, memang benar adanya, dakwah tidaklah dilakukan melainkan oleh Ulama’.*
Saya katakan ini, akan tetapi di sana ada perkara-perkara agama yg jelas yg diketahui oleh setiap orang. Maka masing-masing orang melakukan amar ma’ruf dan nahi mungkar sesuai kadar pengetahuannya. Maka dia suruh keluarganya untuk shalat dan perkara2 yg jelas hukumnya dalam agama. Hal ini wajib hukumnya -termasuk atas orang yg awam- maka mereka (diperintahkan) untuk menyuruh anak-anak (laki2 mereka) untuk shalat di masjid.
Rasululláh _shallalláhu ‘alaihi wasallam_ bersabda :

_*”Perintahkanlah anak-anak kalian untuk shalat pada usia 7 tahun, dan pukullah mereka karena meninggalkannya pada usia 10 tahun (dg pukulan yg tidak mencedrai).”*_ (HR. Abu Dawud, no. 495)

Beliau juga bersabda :

_*”Setiap kalian adalah pemimpin, dan masing-masing kalian akan ditanya ttg yg dipimpinnya*”._ (HR. Al-Bukhari, no. 853) Inilah kepemimpinan.
Dan inilan yg dinamakan amar ma’ruf nahi mungkar. *”Barangsiapa dari kalian yg melihat kemungkaran maka hendaklah ia merubahnya (mencegahnya) dengan tangannya, jika ia tidak mampu dengan lisannya, dan jika ia tidak mampu maka dengan hatinya.”* (HR. Muslim, no. 49)

Maka seorang yg awam diperintahkan untuk menyuruh keluarganya dan selain mereka untuk shalat, zakat, menjalankan ketaatan, meninggalkan maksiat, membersihkan rumahnya dari maksiat, mendidik anak-anak mereka di atas ketaatan. Hal ini diperintahkan, meskipun dia seorang yg awam. Karena hal semacam ini diketahui oleh semua orang, ini perkara yg jelas.
*Adapun berfatwa, menjelaskan halal haram, dan menjelaskan syirik dan tauhid, maka ini tidakla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *