Waspada Adu Domba!!!

๐Ÿ“š WASPADA NAMIMAH DI ZAMAN MEDSOS!!

Namimah atau adu domba di zaman medsos ini sungguh sangat mudah sekali. Dalam hitungan detik seseorang dengan mudahnya melakukan namimah.

Apa itu namimah? Adz Dzahabi mengatakan:

ูˆุงู„ู†ู…ุงู… ู‡ูˆ ุงู„ุฐูŠ ูŠู†ู‚ู„ ุงู„ุญุฏูŠุซ ุจูŠู† ุงู„ู†ุงุณ ูˆุจูŠู† ุงุซู†ูŠู† ุจู…ุง ูŠุคุฐูŠ ุฃุญุฏู‡ู…ุง ุฃูˆ ูŠูˆุญุด ู‚ู„ุจู‡ ุนู„ู‰ ุตุงุญุจู‡ ุฃูˆ ุตุฏูŠู‚ู‡ ุจุฃู† ูŠู‚ูˆู„ ู„ู‡ ู‚ุงู„ ุนู†ูƒ ูู„ุงู† ูƒุฐุง ูˆูƒุฐุง

“Nammam (pelaku namimah) adalah orang yang menukil perkataan dari satu orang ke orang lain atau antara dua orang untuk menimbulkan gangguan pada salah satunya, atau memprovokasi salah satu dari mereka terhadap yang lain atau terhadap temannya. Yaitu dengan mengatakan: ‘si Fulan mengatakan tentang kamu demikian dan demikian'” (Al Kabair, 217).

Contohnya, si A berkomunikasi dengan B via whatsapp, lalu B menyebutkan sesuatu yang kurang bagus tentang C. A lalu screenshot chat dari B tersebut kemudian di kirim kepada C, ini namimah!! Allahul musta’an.

Dan namimah ini merupakan DOSA BESAR. Allah Ta’ala berfirman:

ูˆูŽู„ูŽุง ุชูุทูุน ูƒู„ ุญู„ุงู ู…ู‡ูŠู† ู‡ู…ุงุฒ ู…ุดุงุก ุจู†ู…ูŠู…

“Dan janganlah kamu ikuti setiap orang yang banyak bersumpah lagi hina,yang banyak mencela, yang kian ke mari menebar namimah” (QS. Al Qalam: 10-11).

Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

ู„ุง ูŠูŽุฏู’ุฎูู„ู ุงู„ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉูŽ ู†ูŽู…ู‘ูŽุงู…ูŒ

“Tidak masuk surga pelaku namimah” (HR. Muslim no. 105).

Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam pernah mendengar rintihan orang yang disiksa dalam kuburnya, beliau bersabda:

ูู‚ุงู„ ูŠุนุฐุจุงู† ูˆู…ุง ูŠุนุฐุจุงู† ููŠ ูƒุจูŠุฑ ูˆุฅู†ู‡ ู„ูƒุจูŠุฑ ูƒุงู† ุฃุญุฏู‡ู…ุง ู„ุง ูŠุณุชุชุฑ ู…ู† ุงู„ุจูˆู„ ูˆูƒุงู† ุงู„ุขุฎุฑ ูŠู…ุดูŠ ุจุงู„ู†ู…ูŠู…ุฉ

“Dua orang ini sedang diadzab dalam kubur. Dan mereka tidak diadzab karena sesuatu yang mereka anggap besar, namun besar (di sisi Allah). Yang pertama di adzab karena tidak menutupi auratnya ketika buang air kecil, yang kedua diadzab karena melakukan namimah” (HR. Bukhari no. 216, Muslim no. 292).

Beliau juga bersabda:

ุฅู†ู‘ูŽ ุดุฑุงุฑูŽ ุนุจุงุฏู ุงู„ู„ู‡ู ู…ู† ู‡ุฐู‡ ุงู„ุฃูู…ู‘ูŽุฉู ุงู„ู…ุดู‘ูŽุงุคูˆู†ูŽ ุจุงู„ู†ู…ูŠู…ุฉู ุŒ ุงู„ู…ููุฑู‘ูู‚ูˆู† ุจูŠู† ุงู„ุฃุญุจู‘ูŽุฉู ุงู„ุจุงุบูˆู†ูŽ ู„ู„ุจูุฑุขุกู ุงู„ุนู†ุชูŽ

“Seburuk-buruk hamba Allah adalah orang yang suka melakukan namima. Ia memisahkan orang-orang yang saling mencintai, pengkhianat terhadap orang-orang yang baik” (HR. Ahmad, dihasankan Al Albani dalam Silsilah Shahihah no. 2849).

Ahlul hikmah mengatakan:

ุงู„ู†ู‘ูŽู…ู‘ูŽุงู…ู ุดูุคู’ู…ูŒ ู„ูŽุง ุชูŽู†ู’ุฒูู„ู ุงู„ุฑู‘ูŽุญู…ุฉ ุนู„ู‰ ู‚ูˆู… ู‡ูˆ ููŠู‡ู…

“Tukang namimah (ado domba) adalah racun yang membuat suatu kaum tidak mendapat rahmat Allah selama masih ada mereka”

Maka hendaknya kita bertakwa kepada Allah, jangan sampai kemudahan komunikasi di zaman medsos ini menjerumuskan kita berbuat namimah.

Rekatkan dan dekatkan sesama Muslim, jangan jauhkan. Semoga Allah memberi taufiq.

๐Ÿ“‚ Fawaid Kang Aswad

โ€ขโ”ˆโ”ˆโ€ขโ€ขโ€ขโœฆโœฟโœฆโ€ขโ€ขโ€ขโ”ˆโ”ˆโ€ข

*Repost by :*
*๐ŸŒ€TEGAR DI ATAS SUNNAH*
*Grup Sharing Kajian Islam*
Silahkan berbagi

*Daftar WhatsApp:*
Ikhwan : bit.ly/2xlVjHI
Akhwat : bit.ly/2xbTmhr

*Follow Channel Telegram*
bit.ly/2x7XEFR
untuk mendapatkan informasi seputar agama Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *