Untukmu Panitia Kajian

โ€Œ๐Ÿ‡ทโ€Œ๐Ÿ‡ชโ€Œ๐Ÿ‡ณโ€Œ๐Ÿ‡บโ€Œ๐Ÿ‡ณโ€Œ๐Ÿ‡ฌโ€Œ๐Ÿ‡ฆโ€Œ๐Ÿ‡ณ

UNTUKMU PANITIA KAJIAN..
Kemana Kau Mau Arahkan Peserta Kajian?

Oleh:
Ustadz Abu Ya’la Hizbul Majid

Satu hal yg saya kagumi dari sosok Al Ustadz Yazid Abdul Qadir Jawas hafidzahulloh, beliau adalah sosok yang mengajarkan ilmu dari dasar dan tidak malu-malu untuk terus mengulang-ulangnya dalam setiap kajian-kajian dan daurah-daurah yang beliau isi.

Bukankah Allah memerintahkan agar para da’i menjadi orang-orang yg Rabbani sebagaimana firman-Nya:

ูˆูŽู„ูŽูฐูƒูู† ูƒููˆู†ููˆุง ุฑูŽุจูŽู‘ุงู†ููŠูู‘ูŠู†ูŽ ุจูู…ูŽุง ูƒูู†ุชูู…ู’ ุชูุนูŽู„ูู‘ู…ููˆู†ูŽ ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจูŽ ูˆูŽุจูู…ูŽุง ูƒูู†ุชูู…ู’ ุชูŽุฏู’ุฑูุณููˆู†ูŽ ๏ดฟูงูฉ๏ดพ

_Akan tetapi (dia berkata): “Hendaklah kamu menjadi orang-orang rabbรขnรฎ dengan apa yang engkau senantiasa ajarkan dari Al-Kitab, dan dengan apa yang kamu tetap mempelajarinya.โ€_

(QS. Ali Imran : 79)

Siapa itu Rabbani?

Imam Al Bukhari menjelaskan makna rabbaniyyun:

ุงู„ุฑุจุงู†ูŠ ู‡ูˆ ุงู„ุฐูŠ ูŠุฑุจูŠ ุงู„ู†ุงุณ ุจุตุบุงุฑ ุงู„ุนู„ู… ู‚ุจู„ ูƒุจุงุฑู‡ุŒ ู‡ุฐุง ุงู„ุฑุจุงู†ูŠ ููŠ ุงู„ุนู„ู… ูˆุงู„ุชุฏุฑูŠุณ

_โ€œOrang yang Rabbani adalah orang yang mendidik manusia dengan ilmu-ilmu dasar sebelum ilmu-ilmu tingkat lanjut. Inilah orang yang Rabbani dalam menuntut ilmu dan dalam mengajarkan ilmuโ€_

(lihat dalam Shahih Al-Bukhari Bab โ€œAl-Ilmu Qablal Qaul Wal โ€˜Amalโ€ no.10, dinukil dari Ath-Thariq ila Nubughil Ilmi, 21)

Sudahkah metode Rabbani ini dipraktekkan oleh para panitia kajian, atau minimal sudah mulai untuk digalakkan walaupun pelan-pelan?

Renungkanlah…..

Tuk panitia kajian ketahuilah…

Bahkan sampai dasar-dasar ilmu banyak di antara peserta kajian yg belum memahaminya. Kajian di beberapa tempat cenderung centang perenang, tidak runut dan tidak jelas kemana arahnya. Sehingga dasar aqidah dan bermanhaj, mereka pun gak paham!!!

Untukmu Panitia kajian…

Perbaikilah-lah niatmu sebelum mengadakan kajian apakah tujuannya benar-memahamkan anggota kajian tentang agama yg hak atau hanya sekedar meramaikan kajian, atau mungkin mengejar keuntungan duniawi yg lain!!!

Untukmu Panitia Kajian…

Sudah paham kah para jama’ah di tempat kalian ttg dasar-dasar Islam, dasar-dasar tauhid, pokok-pokok Sunnah dan segala ilmu yg dasar dlm kita bermanhaj??
Kenapa di beberapa tempat tidak digalakkan kajian semacam ini. Apa kau takut peserta kajian akan sedikit?!! Tidak ramai dan membludak!!!

Wahai panitia kajian….

Sebagian ustadz telah mencurahkan waktunya untuk persiapan guna menyampaikan materi kajian yg rutin tentang dasar-dasar aqidah, namun sayang hanya karena alasan yg hadir sedikit, kajian pun dihentikan, yg akhirnya ustadznya pun diganti-ganti tiap pekan mengikuti selera dg materi-materi yg tidak runut. Sekedar hanya untuk menyenangkan para jemaahnya saja. Atau hanya ngaji prasmanan!!!

Tahukah antum panitia kajian…

Banyak diantara jama’ah kajian yg belum paham adab-adab dalam thalabul’ilmi. Masih ada yg ngobrol, tidur, mainan hp, berdiri sebelum kajian ditutup, berpencar centang perenang posisi duduk mereka dlm majelis taklim, ada Thalib yg suka mendebat gurunya di majelis, ada yg bertanya tujuannya hanya untuk ngetes, serta yg lainnya yg menunjukkan akan Kekurang adaban dlm thalabul’ilmi. Pernah kah memfokuskan kajian ttg adab sebagai dasar dlm thalabul’ilmi. Dahulu para salaf kita sebelum mereka mendalami permasalahan2 syar’i mereka terlebih dahulu mempelajari tentang adab dan etika.

Ibnul Mubarok berkata:

ุชุนู„ู…ู†ุง ุงู„ุฃุฏุจ ุซู„ุงุซูŠู† ุนุงู…ุงู‹ุŒ ูˆุชุนู„ู…ู†ุง ุงู„ุนู„ู… ุนุดุฑูŠู†

_โ€œKami mempelajari masalah adab itu selama 30 tahun sedangkan kami mempelajari ilmu selama 20 tahun.โ€_

Wahai panitia kajian…
Uhibbukum fillaah…

Sungguh kami apresiasi waktu dan usaha keras yg antum curahkan demi kajian Sunnah, namun bukan berarti tidak ada nasehat diantara kita untuk terus menuju kepada yg lebih baik.

ูˆูู‚ูƒู… ุงู„ู„ู‡ ู„ู…ุง ูŠุญุจ ูˆูŠุฑุถู‰…

*****

โ™ป *Sumber:*
https://mobile.facebook.com/story.php?story_fbid=2117151398342362&id=100001425673020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *