Golongan yang Selamat

● Siapakah Al-Firqotun Najiyah? ●

 

Al-Firqotun Najiyah artinya golongan yang selamat. Yaitu selamat dari api neraka sebagaimana yang telah diingatkan Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam bahwa umatnya di belakang hari akan terpecah menjadi tujuhpuluh tiga golongan, semuanya di neraka kecuali satu golongan saja yang selamat yaitu “Al-Jamaah”. (HR. Al-Lalaka’i dalam “Syarh Ushul I’tiqod Ahlissunnah” 149 dihasankan oleh Syaikh Al-Albani “Silsilah Ash-Shohihah” 1492)

 

Dalam riwayat lain yang dimaksud golongan yang selamat adalah “Mereka yang berjalan di atas jalanku pada hari ini dan jalan para shohabatku”. (HR. At-Tirmidzi 2641 dihasankan oleh Syaikh Al-Albani “Shohihul Jami’” 5343)

 

Syaikh Al-‘Allamah Hafidzh Hakami menjelaskan, “Sungguh Rosulullah shollallahu ‘alaihi wasallam telah mengabarkan bahwa “Al-Firqotun Najiyah” adalah orang-orang yang beragama dengan cara beragamanya Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam dan para shohabatnya.” (Ma’arijul Qobul 1/19)

 

Selama hayat masih dikandung badan tidak ada yang dapat menjamin dirinya selamat dari ancaman api neraka. Kendati demikian Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam telah mengingatkan bahwa satu-satunya jalan yang akan menyelematkan kita dari penyimpangan hanyalah dengan mengikuti sunnah (cara beragama) beliau dan para shohabatnya baik dalam perkara aqidah, ibadah, muamalah.

 

Semoga Allah golongkan kita termasuk Al-Firqotun Najiyah serta menjauhkan kita dari jalannya ahlul bid’ah yang menyelisihi sunnah Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam dan para shohabatnya.

______________

 

✍🏻 Fikri Abul Hasan

Reposted by grup WA Manhaj Salaf

telegram salafyways https://goo.gl/vLphkg

IG: @salafyways

https://t.me/manhajulhaq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *